Kamis, 07 Juli 2011

Gaji Tukang Parkir Lebih Besar dari PNS

Posted by alfian on 23.25


Sering kali beberapa orang menganggap bahwa kerja jadi tukang parkir itu adalah kerja yang tidak trend. Tapi tahukah kita, rupanya penghasilan jadi tukang parkir bisa lebih besar dari pegawai negeri.


Kemarin saya melintas di sekitar pusat perbelanjaan di Makassar. Saat ingin parkir saya kewalahan untuk mencari lahan parkir.Begitu banyak motor dan mobil yang parkir di pinggir jalan. Jumlahnya bisa sampai ratusan dan bisa mencapai angka ribuan tiap harinya.

Diantara motor yang berjejer nampak seseorang dengan pakaian kaos oblong dan memakai topi sibuk memarkir kendaraan. Rupanya orang itu adalah tukang parkir daerah itu. Memang dengan adanya tukang parkir ini, sangat membantu menata parkir dan menjaga kendaraan kita. Tapi bukan itu yang menurutku menarik.


parkiran/internet

Saya penasaran dengan jumlah penghasilan yang diterima oleh tukang parkir ini melihat kendaraan yang begitu banyak berjejer. Setelah dihitung hitung, misalnya jumlah kendaraan motor itu biaya parkirnya 1000 rupiah sedang mobil 2000 ribu rupiah. Kalau jumlah kendaraan yang parkir sebanyak 200 kendaraan perhari maka besarnya penghasilan yang diperoleh adalah 200 ribu rupiah. Jadi kalau sebulan itu, penghasilannya bisa mencapai 6 juta rupiah. wow. jumlah yang fantastis.

Jumlah ini sangat jauh dari gaji PNS yang cuma berkisar 2 juta hingga 3 juta perbulan. gila yah. Kalau pun penghasilan ini dipotong, mentok dia akan memperoleh penghasilan 1 hingga 3 juta perbulan.

Tak perlu kemampuan khusus cukup tahan kena terik matahari dan sempritan sudah bisa jadi tukang parkir. Tak perlu sekolah hingga perguruan tinggi sudah bisa dapat penghasilan segitu. hebat ya...

Tapi dari sisi lainnya, saya melihat tukang parkir ini cerdas melihat peluang. Ia berhasil melihat kebutuhan masyarakat. Semakin sempitnya lahan parkir yang diakibatkan oleh pembangunan terus menerus dan tidak dibarengi dengan penyedian lahan kosong mengakibatkan kewalahan mencari lokasi parkir yang aman. Saat inilah dibutuhkan jasa tukang parkir. Seperti postingan ku sebelumnya tentang berpikir out of the box  tukang parkir secara tidak sengaja telah berhasil menerapkannya. Sehingga ia bisa mendapatkan pendapatan sebanyak itu.

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site