Rabu, 13 Juli 2011

Rekor Ensemble Angklung Terbesar Dipecahkan di Amerika

Posted by alfian on 04.00


KESENIAN asli Indonesia kembali menunjukkan taringnya di kancah internasional.

Sabtu (9/7) lalu, tercatat 5.182 orang dari berbagai ras dan suku bangsa, berkumpul di The Mall, Washington DC, untuk bersama-sama memecahkan rekor ensemble angklung terbesar di dunia. Rekor ini berhasil dicetak di lapangan yang hanya berjarak beberapa blok dari White House itu.

Event ini digelar sebagai bagian dari Indonesian Festival yang diselenggarakan oleh kedutaan Indonesia di Washington DC.

Seperti dicatat Good News From Indonesia, Senin (11/7), ribuan orang hadir memadati The Mall di bawah terik matahari bersuhu 32 derajat Celsius.

Warga Amerika, orang-orang Indonesia yang bermukim di AS, hingga sejumlah turis nampak antusias mengikuti jalannya pemecahan rekor.

Permainan angklung massal ini dipimpin langsung oleh Daeng Udjo, putera keempat dari maestro angklung Indonesia, Udjo Ngalagena, yang juga pendiri Saung Angklung Mang Udjo.

Ribuan pengunjung yang hadir dengan kompak membawakan lagu We Are The World, lagu yang ditulis Michael Jackson dan Lionel Richie untuk gerakan amal di era ‘80an.

Rekor ini diresmikan oleh Kimberly Patrick, perwakilan dari Guinness Book of World Records.

“Kalian semua luar biasa, apalagi bagi kalian yang belum pernah memainkan instrumen ini sebelumnya,” tutur Patrick seperti dikutip The Jakarta Post.

Dalam kesempatan itu, hadir pula Elfa’s Singers, Sherina Munaf, dan duta besar Indonesia untuk AS, Dino Patti Djalal.

Sebagai oleh-oleh, para peserta diperbolehkan membawa pulang angklung yang dimainkan, serta scarf batik untuk wanita dan udeng Bali untuk peserta pria.

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site